Powered by Blogger.

Wednesday, 26 April 2017

Label : ,

Membuka Pintu Kemudahan dalam Kesulitan

Firman Allah dalam surat Al-Insyiroh ayat 5-6:

Artinya: “karena Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan,(5) Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.(6) (Q.S Al-Insyirah [94]: 5-6)


Kemudahan dalam kesulitan ibaratkan manusia yang mempunyai permasalahan maka akan datang solusi untuk memecahkan masalah tersebut. Dalam kesulitan Allah akan mengganti dengan yang lebih baik. Allah tidak akan mengambil apapun dari manusia kecuali dia akan menggantinya dengan yang lebih baik. Itu akan terjadi apabila anda mau bersabar dan ridha dengan keputusan-Nya.

Siapa saja yang tetap beriman ketika terkena musibah dan kesulitan di dunia akan mendapat balasan sempurna di akhirat nanti. Siapa saja yang tidak berkurang ketaatannya kepada Allah dan malah meningkat walaupun berbagai kesulitan menghadangnya, akan merasakan kenyamanan di akhirat nanti.

Oleh karena itu, penulis dalam buku ini menggambarkan bagaimana cara untuk mendapatkan kemudahan tersebut:

-  Bersabalah karena pasti banyak hal yang tidak sesuai dengan keinginan. Sabar itu bukan menunnggu sesuatu yang kita harapkan, tetapi sabar itu tantangan apa yang harus kita lakukan, maka dari itu berusahalah terus jangan berdiam diri.
-  Untuk masuk surga akan diuji dengan kesulitan terlebih dahulu. Firman Allah swt.:

Artinya: “Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk syurga, Padahal belum datang kepadamu (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu? mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan, serta digoncangkan (dengan bermacam-macam cobaan) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya: "Bilakah datangnya pertolongan Allah?" Ingatlah, Sesungguhnya pertolongan Allah itu Amat dekat.” (Q.S Al-Baqarah [2]: 214)

-  Jangan sampai masalah kecil menghancurkan hidup anda, sikapilah masalah kecil itu dengan sikap yang baik, bukan malah membesarkan masalah intinya jangan mempersulit diri.
-  Jangan tergoda berbuat maksiat, karena dosa adalah perkara yang sangat besar.
-  Kebahagiaan mudah diraih, selama mau bergerak karena kegembiraan hari merupakan salah satu nikmat yang luar biasa besar dalam hidup manusia.

Penulis:
Rijki Ramdani
Mahasiswa Ilmu Pendidikan Agama Islam
Universitas Pendidikan Indonesia
Kota Bandung

About rijkiramdani id

Hi, My Name is Rijki Ramdani. I am a webdesigner, blogspot developer and UI designer. I am a certified Themeforest top contributor and popular at JavaScript engineers. We have a team of professinal programmers, developers work together and make unique blogger templates.

0 komentar:

Post a Comment