Powered by Blogger.

Monday, 8 December 2014

Label : ,

Terjemahan Bahasa Indonesia "PHILOSOPHICAL THOUGHT IN ISLAM"

PEMIKIRAN FILOSOFIS DALAM ISLAM

Filosofi Kata berasal dari dua istilah Yunani philein dan sophia, dan secara harfiah berarti 'cinta akan kebijaksanaan'. Dari satu sudut pandang, filsafat adalah ', analisis reflektif kritis apa yang kita pikir kita tahu tentang diri sendiri dan alam semesta'. Filsafat didasarkan pada upaya untuk memahami realitas secara rasional, sedangkan teologi didasarkan pada banding ke wahyu supranatural. Di Barat selama Abad Pertengahan, filsafat dianggap 'handmaiden teologi' dan prinsip-prinsip filosofis yang digunakan untuk membenarkan keyakinan agama.

Filsafat Yunani dan Romawi
Garis keturunan dan interkoneksi dalam sejarah perkembangan filsafat Yunani dan Romawi dapat dilihat dengan jelas. Secara umum diakui bahwa filsuf Yunani pertama adalah Thales of Miletus, yang hidup pada abad keenam BCE.5 Selanjutnya, Socrates, yang ajarannya ditaati analisis etis dipengaruhi filsafat, terinspirasi filsuf lain seperti Plato, yang terkenal karena nya filsafat ide dan yang mendirikan akademi untuk mendidik filsuf. Plato murid Aristoteles adalah salah satu empiris terbesar dan mulai sekolah Peripatetik sendiri.
Setelah Aristoteles, sejumlah tren filsafat muncul, termasuk Stoik (yang berpendapat bahwa kebajikan adalah satu-satunya yang nyata baik dan segala sesuatu yang lain adalah ilusi), yang Epikuros (yang memegang kesenangan yang akhir tertinggi) dan skeptis (yang percaya tidak ada yang bisa diketahui secara pasti). Ada sekolah-sekolah lain yang mengikuti tradisi ini. Beberapa sekolah tersebut memiliki pengaruh yang signifikan terhadap filsafat Islam. Sebuah contoh khusus adalah Neoplatonisme, yang dimulai dengan Ammonius Saccas selama abad ketiga. Dia meninggalkan Kristen dan mengembangkan konsep sendiri filsafat Plato dengan pengaruh Aristoteles dan Stoa. Neoplatonis mengembangkan teori emanasi, di mana tingkat eksistensi berasal dari keberadaan One (Mahatinggi).

Dekat filsafat Timur pada awal Islam
Dengan penyebaran Islam, khususnya setelah kematian Nabi, umat Islam datang ke dalam kontak dengan berbagai peradaban. Penaklukan mereka Irak dan Mesir disediakan kontak besar pertama antara umat Islam dan pembelajaran yang terinspirasi oleh orang Yunani. Pusat pembelajaran sudah ada di lahan tersebut memainkan peran penting dalam transmisi baik tradisi filsafat Yunani dan tradisi medis untuk umat Islam. Para sarjana dari Harran dan Kristen Nestorian dari Jundishapur (pusat utama belajar Helenistik) yang berpengaruh di pengadilan Abbasiyah. Mereka menyediakan link kembali ke ilmu Yunani dan pengetahuan untuk orang-orang Arab. Ada dua cara di mana filsafat Yunani ditransmisikan kepada umat Islam terutama Arab masa itu: melalui terjemahan karya-karya filsafat Yunani dan sebagai akibat dari kepentingan yang sedang berlangsung dalam penelitian medis.
Berbagai karya filosofis telah diterjemahkan ke dalam bahasa Syria dan diajarkan di Suriah pada saat penaklukan Muslim di sana. Penaklukan tidak berhenti studi pemikiran Yunani, yang dilanjutkan terutama oleh para sarjana Kristen. Itu setelah penaklukan Suriah bahwa sejumlah filosofis, ilmiah dan medis karya diterjemahkan dari bahasa Yunani dan Syria ke dalam bahasa Arab dari abad kedelapan. Para penakluk Arab terpesona oleh pemikiran Yunani dan banyak dari mereka mendorong penerjemahan karya ke dalam bahasa Arab. Era awal karya-karya filsafat dalam bahasa Arab harus dipertimbangkan kegiatan penerjemah, seperti Hunayn b. Ishaq (w. 260/873).

BACAAN BAHASA INGGRISNYA....                                                           SELANJUTNYA ......

About rijkiramdani id

Hi, My Name is Rijki Ramdani. I am a webdesigner, blogspot developer and UI designer. I am a certified Themeforest top contributor and popular at JavaScript engineers. We have a team of professinal programmers, developers work together and make unique blogger templates.

0 komentar:

Post a Comment