Powered by Blogger.

Wednesday, 19 April 2017

Label :

Konsep dan Contoh Strategi Pembelajaran yang Memotivasi Peserta Didik

Banyak sekali siswa yang masuk pada semester awal mereka semangat dalam pembelajarannya, karena suasana yang baru dan juga pembelajaran yang baru, tetapi kadang semester tua suka agak menurun, karena ada beberapa faktor misalnya, penyajian materi dari seorang guru yang kurang aktif. Diperlukanlah strategi supaya terus stabil dalam semangat belajar siswa.



Dapat diketahui ada beberapa unsur yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran agar menumbuhkan motivasi siswa .Berikut adalah unsure-unsur yang mampu membangun motivasi anak:

1.      Media Pembelajaran
Media adalah benda, baik yang berupa perangkat keras atau lunak yang menjadi perantara terjadinya proses belajar. Media yang dipergunakan bisa berbentuk alat peraga atau sarana.

2.      Materi Pembelajaran
Materi yang akan diberikan dipersiapkan dengan matang dengan memperhatikan kondisi siswa. Materi yang akan dibelajarkan meliputi isi/ materi ( konten), hubungan dengan bidang/ilmu lain (konteks) dan proses ( transformasi isi/materi ).

3.      Strategi dan metode Pembelajaran
Strategi dan metode pembelajaran juga mempengaruhi motivasi belajar siswa. Strategi dan metode yang dapat memotivasi siswa adalah strategi dan metode yang melibatkan siswa belajar sambil mengerjakan ( Learning by doing).

4.      Sikap Guru
Guru yang tidak mau repot, puas hanya dengan sasaran belajar pada tingkat rendah (sisi kiri dari pola pembelajaran di atas). Diharapkan Guru mulai mencoba mengubah sikap dengan mengarahkan sasaranpembelajarannya pada tingkat menegah atau tingkat tinggi.

Penulis:
Rijki Ramdani
Mahasiswa Ilmu Pendidikan Agama Islam

Universitas Pendidikan Indonesia - Kota Bandung

About rijkiramdani id

Hi, My Name is Rijki Ramdani. I am a webdesigner, blogspot developer and UI designer. I am a certified Themeforest top contributor and popular at JavaScript engineers. We have a team of professinal programmers, developers work together and make unique blogger templates.

0 komentar:

Post a Comment