Powered by Blogger.

Tuesday, 2 December 2014

Label :

Konsep dan Contoh Strategi Pembelajaran yang Memfasilitasi Perkembangan Kreatifitas Peserta Didik

Penulis : Rijki Ramdani
Jurusan : Ilmu Pendidikan Agama Islam
Mahasiswa Universitas Pendidikan Agama Islam

Dalam startetgi untuk mewujudkan atau mengembangan kreativitas anak, memerlukan beberapa peninjauan terlebih dahulu suapay kita tahu seberapa kreativkah anak tersebut, maka dibutuhkanlah pengukuran, diatas sudah saya jelaskan, kini saatnya kita masuk pada strategi.
Banyak sekali orang menuliskan strategi-strategi yang dilakukan untuk perkembangan ini, tetapi saya menguti dari sebuah internet http://111301117rjp.blogspot.com/2013/09/pendekatan-4-p-dalam-pengembangan.html yaitu dengan 4P:
1.      Pribadi : dalam startegi yang pertama ini kita melihat terlebih dahulu keunikan yang sering dilakukan dengan lingkungannya, maka dengan melihat keunikan itu muncullah ide-ide baru untuk berkreativitas terhadap apa yang didepannya atau lingkungannya.
2.      Pendorong : kreativitas anak harus adanya pendorong untuk lebih semangat dalam berkreativitas, pendorong fasilitas, motivasi dari guru orang tua maupun teman dan juga lingkungan sekitarnya
3.      Proses : dalam hal ini anak harusdiberikan keleluasaan waktu untuk sepenuhnya terhadap proses kretivitas anak, juga pendidik harus memberikan sarana prasarana yang dia butuhkan. Yang terpeting berikan kebebasan terhadap dia untuk mengkplor tetapi tidak merugikan orang lain juga lingkungannya.
4.      Produk : hal ini yang sangat berperan adalan pribadi dan lingkungannya, seberapa kretivnya dia dan juga dorongan yang penuh dari luar agar menciptakan sebuah produk yang bermakna dan disegani oleg orang lain.

(Sumber : Internet
http://111301117rjp.blogspot.com/2013/09/pendekatan-4-p-dalam-pengembangan.html)

Ada pula strategi pengajaran yang diungkapkan oleh Horng dkk (2005), yaitu :
1.      Pembelajaran yang berpusat pada siswa
Maksudnya dalm proses belajar pendidik memberikan keleluasaan untuk siswa dalam mengekplor kretaivitas anak.
2.      Penggunaan berbagai peralatan bantu dalam pengajaran
Pendidik harus memberikan sarana atas prasarana atau dorongan motivasi terhadap anak supaya lebih semangat dalam kretivitasnya
3.      Strategi manajemen kelas
Pendidik mengatur segala apa yang seharusnya diatur terhadap proses kretivitas ketika di kelas
4.      Menghubungkan isi pengajaran dengan konteks kehidupan nyata
Pendidik memberikan arahan terhadap anak supaya anak sudah mempunyai gambaran baru terhadap apa yng akan dilakukan anak dengan menggambarkan kehidupan yang nyata
5.      Menggunakan pertanyaan terbuka
anak diberikan keleluasaan untuk terus bertanya demi adanya dorongan atau ide-ide yang diberikan oleh pendidik

(Sumber : Internet
http://gagadribowo.blogspot.com/2012/01/mengembangkan-kreativitas-peserta-didik.html)

About rijkiramdani id

Hi, My Name is Rijki Ramdani. I am a webdesigner, blogspot developer and UI designer. I am a certified Themeforest top contributor and popular at JavaScript engineers. We have a team of professinal programmers, developers work together and make unique blogger templates.

0 komentar:

Post a Comment