Powered by Blogger.

Wednesday, 24 December 2014

Label :

Analisis Kandungan Ayat Surat Ibrahim [14] : 24-27


Pada analisis kandungan ayat, surat Ibrahim Ayat 24-27 bisa kita lihat dengan kandungan Aqidah dan juga kandungan Implementasi Pendidikan. Dibawah ini hasil dari analisis kandungan ayat :
1.         Aqidah
a.    Allah yang maha Mengetahui atas segala kemampuan setiap makhluk-Nya, maka Allah didalam firman-Nya membuat perumpamaan.
b.    Allah yang maha Menghidupkan, menghidupkan segala makhluk hidup, salah satunya pohon.
c.    Allah menciptakan segala isi di langit dan bumi, semuanya tidak ada yang sia-sia, ketika pohon yang berbuah, membuatkan makhluk lainnya meberikan suatu keuntungan tersendiri.
d.   Allah yang maha Hakim, apabila manusia melakukan perbuatan yang baik, maka Allah balas dengan kebaikan pula, apabila manusia melakukan perbuatan buruk, maka Allah balas pula dengan keburukan
e.    Allah selalu memberikan hidayah kepada kita, ketika kita dimana pun kapan pun ketika apapun, Allah selalu memberikan hidayah kepada kita, kita jangan menganggap ketika kita terkena keburukan itu tidak mengandung hidayah bagi kita, belum tentu apa yang kita pikir itu tidak baik, menurut Allah itu baik.
2.      Implementasi Pendidikan
a.    Pendidikan sebagai Seni, maksudnya pendidikan digambarkan sebagai seni yang harus dalam penyampaiannya tergambar serasa dalam dunia tersebut.
b.  Pendidik harus tahu dari setiap kemampuan-kemampuan terdidik, karena akan menjadikan mudahnya dalam proses belajar mengajar
c.  Pendidik dianjurkan mebuat sebuah perumpamaan-perumpamaan, karena memudahkan pemahaman anak yang bernilai rasional, hal ini dapat dijadikan ilmu yang rasional menjadi sesuatu yang konkret yang masuk pada akal manusia.
d.   Pendidik membuahkan suatu prilaku maupun ilmu, maka ketika pendidik atau guru sudah selesai pada masa pensiunnya, itu tidak boleh dijadikan alasan untuk berhenti menyampaikan ilmu, maka setiap musim atau setiap saat berilakanlah ilmu kepada orang lain.
e. Pendidik harus bersikap adil, dimana pendidik jangan mengspesialkan anak yang pintar saja, tetapi semua anak harus diperlakukan adil.


Penulis:
Mahasiswa Ilmu Pendidikan Agama Islam
Universitas Pendidikan Indonesia

Kota Bandung

About rijkiramdani id

Hi, My Name is Rijki Ramdani. I am a webdesigner, blogspot developer and UI designer. I am a certified Themeforest top contributor and popular at JavaScript engineers. We have a team of professinal programmers, developers work together and make unique blogger templates.

0 komentar:

Post a Comment