Powered by Blogger.

Wednesday, 19 November 2014

Label :

Teori Belajar Kognitif

Penulis : @RijkiRamdani
Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia
Ilmu Pendidikan Agama Indonesia

Dilihat dari akar kata bahasa, bahwa kognitif berasal dari kata “Cognitive” dari asal kata cognition artinya pengertian, mengerti. Maka kognitif dalam pengertian hal luas adlah perolehan, penggunaan pengetahuan atau teori. Teori ini sangat penting bagi semua aspek pengetahuan karena teori ini mencakup pemahaman, memperhatikan, memberikan, menyangka, pertimbangan, pengolahan informasi, dari beberapa hal pengetahuan yang menjadi sebuah pedoman dalam berteori behavioral.
Teori ini lebih mementingkan  proses belajar dari pada hasil belajar itu sendiri, karena teori ini merupakan suatu cara untuk membeikan bekal pengetahuan seseorang. Belajar adalah perubahan persepsi dan pemahaman. Perubahan persepsi dan pemahaman tidak selalu berbentuk perubahan tingkah laku yang bisa diamati.
Salah satu tokoh kognitivisme adalah Jean Piaget membagi proses belajar manusia dalam tiga tahapan, yaitu :
a.    Asimilasi. Yaitu, proses penggabungan informasi baru ke dalam struktur kognitif yang sudah ada dan terekam dalam benak si pembelajar sebelumnya.
b.    Akomodasi. Yaitu, penyelarasan struktur kognitif dalam situasi yang baru diterimanya.
Equilibrasi. Yaitu,penyelarasan dalam pengkombinasian antara asimilasi dengan akomodasi

About rijkiramdani id

Hi, My Name is Rijki Ramdani. I am a webdesigner, blogspot developer and UI designer. I am a certified Themeforest top contributor and popular at JavaScript engineers. We have a team of professinal programmers, developers work together and make unique blogger templates.

0 komentar:

Post a Comment