Powered by Blogger.

Thursday, 20 November 2014

Label : ,

Perbedaan Kurikulum 2013 dengan KTSP

Penulis : Khoir Randi Purnomo
Mahasiswa Pendidikan Sosiologi
Universitas Pendidikan Indonesia   

    Perbedaan tujuan, SK_KD, maupun evaluasi secara umum dalam KTSP, kegiatan pengembangan silabus merupakan kewenangan satuan pendidikan, namun dalam Kurikulum 2013 kegiatan pengembangan silabus beralih menjadi kewenangan pemerintah, kecuali untuk mata pelajaran tertentu yang secara khusus dikembangkan di satuan pendidikan yang bersangkutan. Rinciannya adalah sebagai berikut: No KTSP Kurikulum 2013 1 Mata pelajaran tertentu mendukung Tiap mata pelajaran mendukung semua kompetensi (Sikap, kompetensi tertentu Keteampilan, Pengetahuan) 2 Mata pelajaran dirancang berdiriMata pelajaran dirancang terkait satu dengan yang lain dan sendiri dan memiliki kompetensi dasarmemiliki kompetensi dasar yang diikat oleh kompetensi inti tiap sendiri kelas 3 Bahasa Indonesia sejajar dengan Bahasa Indonesia sebagai penghela mapel lain (sikap dan mapel lain keterampilan berbahasa) 4 Tiap mata pelajaran diajarkan denganSemua mata pelajaran diajarkan dengan pendekatan yang sama pendekatan berbeda (saintifik) melalui mengamati, menanya, mencoba, menalar. 

    5 Tiap jenis konten pembelajaran Bermacam jenis konten pembelajaran diajarkan terkait dan diajarkan terpisah terpadu satu sama lainKonten ilmu pengetahuan diintegrasikan dan dijadikan penggerak konten pembelajaran lainnya 6 Tematik untuk kelas I-III (belum Tematik integratif untuk kelas I-III integratif) 7 TIK mata pelajaran sendiri TIK merupakan sarana pembelajaran, dipergunakan sebagai media pembelajaran mata pelajaran lain 8 Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi dan carrier of pengetahuan knowledge 9 Untuk SMA ada penjurusan sejak Tidak ada penjurusan SMA. Ada mata pelajaran wajib, peminatan, kelas XI antar minat, dan pendalaman minat 10 SMA dan SMK tanpa kesamaan SMA dan SMK memiliki mata pelajaran wajib yang sama terkait kompetensi dasar-dasar pengetahuan, keterampilan dan sikap. 
    
     11 Penjurusan di SMK sangat detil Penjurusan di SMK tidak terlalu detil sampai bidang studi, didalamnya terdapat pengelompokkan peminatan dan pendalaman B. Saran Berdasarkan simpulan di atas, maka penulis menyarankan baik pada pihak pemerintah yang membuat kurikulum, maupun pihak-pihak yang akan secara operasional menjalankan, begitu pula masyarakat luas umumnya, dapat mendukung penyempurnaan kurikulum KTSP menjadi 2013 dengan sepenuhnya. Hal ini agar apa yang dicitacitakan atau apa yang menjadi tujuan bangsa indonesia dan pendidikan nasional dalam menghadapai tantangan kemajuan dapat dicapai.

About rijkiramdani id

Hi, My Name is Rijki Ramdani. I am a webdesigner, blogspot developer and UI designer. I am a certified Themeforest top contributor and popular at JavaScript engineers. We have a team of professinal programmers, developers work together and make unique blogger templates.

0 komentar:

Post a Comment