Pengertian Ontologi, Aksiologi dan Epistimologi


Ontologi adalah studi filosofis tentang hakikat ini, eksistensi atau kenyataan seperti itu, serta menjadi kategori dasar dan hubungan mereka.
Kalau dicontohkan seperti : ketika kita bertani, ilmu apa yang kalian pakai, ya pasti ilmu bertani, jadi setiap pekerjaan itu pasti sudah ada hakikat ilmu didalamnya.

Aksiologi merupakan cabang filsafat ilmu yang mempertanyakan bagaimana manusia menggunakan ilmunya.  Aksiologi adalah istilah yang berasal dari kata Yunani yaitu; axios yang berarti sesuai atau wajar. Sedangkan logos yang berarti ilmu. Aksiologi dipahami sebagai teori nilai. Jujun S.Suriasumantri mengartika aksiologi sebagai teori nilai yang berkaitan dengan kegunaan dari pengetahuan yang diperoleh.
Contohnya : Dari metode-metode bertani tadi, kita dapat menarik hasil dari bertani tersebut dan ini adalah hasil dari apa yang dilakukan sebelumnya.

Epistemologi atau teori pengetahuan adalah cabang filsafat yang berurusan dengan hakikat dan linkup pengetahuan, pengandaian-pengandaian dan dasar-dasarnya serta pertanggung jawaban atas pernyataan mengenai pengetahuan yang dimiliki.

Kalau dicontohkan seperti ini : Bagaimana ketika kita bertani di sawah supaya hasilnya bagus? Nah pakailah teori-teori bertani yang memang membuat hasilnya menjadi bagus, bertani hakikatnya sudah ada ilmunya, sama kita digali metode-metodenya untuk bertani dengan baik.

No comments:

Post a Comment