Powered by Blogger.

Thursday, 20 November 2014

Label :

Pengertian Ontologi, Aksiologi dan Epistimologi

Ontologi adalah studi filosofis tentang hakikat ini, eksistensi atau kenyataan seperti itu, serta menjadi kategori dasar dan hubungan mereka.
Kalau dicontohkan seperti : ketika kita bertani, ilmu apa yang kalian pakai, ya pasti ilmu bertani, jadi setiap pekerjaan itu pasti sudah ada hakikat ilmu didalamnya.

Aksiologi merupakan cabang filsafat ilmu yang mempertanyakan bagaimana manusia menggunakan ilmunya.  Aksiologi adalah istilah yang berasal dari kata Yunani yaitu; axios yang berarti sesuai atau wajar. Sedangkan logos yang berarti ilmu. Aksiologi dipahami sebagai teori nilai. Jujun S.Suriasumantri mengartika aksiologi sebagai teori nilai yang berkaitan dengan kegunaan dari pengetahuan yang diperoleh.
Contohnya : Dari metode-metode bertani tadi, kita dapat menarik hasil dari bertani tersebut dan ini adalah hasil dari apa yang dilakukan sebelumnya.

Epistemologi atau teori pengetahuan adalah cabang filsafat yang berurusan dengan hakikat dan linkup pengetahuan, pengandaian-pengandaian dan dasar-dasarnya serta pertanggung jawaban atas pernyataan mengenai pengetahuan yang dimiliki.

Kalau dicontohkan seperti ini : Bagaimana ketika kita bertani di sawah supaya hasilnya bagus? Nah pakailah teori-teori bertani yang memang membuat hasilnya menjadi bagus, bertani hakikatnya sudah ada ilmunya, sama kita digali metode-metodenya untuk bertani dengan baik.

About rijkiramdani id

Hi, My Name is Rijki Ramdani. I am a webdesigner, blogspot developer and UI designer. I am a certified Themeforest top contributor and popular at JavaScript engineers. We have a team of professinal programmers, developers work together and make unique blogger templates.

0 komentar:

Post a Comment