Powered by Blogger.

Wednesday, 19 November 2014

Label :

Konsep dan Ragam Kecerdasan (IQ, EQ, SQ)

Penulis : @RijkiRamdani
Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia
Ilmu Pendidikan Agama Indonesia

Dalam pengertian kecerdasan banyak seali perbedaan yang dikemukaan oleh para ilmuwan, ada yang mengatakan kecerdasan itu berfikir dunia, tetapi lebuh jleasnya yaitu kemampuan general manusia untuk melakukan tindakan-tindakan yang mempunyai tujuan dan berpikir dengan cara rasional atau kita sering intelegensi.
            Dibawah ini beberapa yang dikemukakan oleh para ahli psikologi tentang pengertia kecerdasan:
  • Gregory: Kecerdasan adalah kemampuan atau keterampilan untuk memecahkan masalah atau menciptakan produk yang bernilai dalam satu atau lebih bangunan budaya tertentu.
  • C. P. Chaplin: Kecerdasan adalah kemampuan menghadapi dan menyesuaikan diri terhadap situasi baru secara tepat dan efektif.
  • Anita E. Woolfolk: Kecerdasan adalah kemampuan untuk belajar, keseluruhan pengetahuan yang diperoleh, dan kemampuan untuk beradaptasi dengan situasi baru atau lingkungan pada umumnya
Pada hakikatnya manusia itu berbeda-beda dalam cara berfikir dan juga kemampuan berfkirnya, tetapi setiap manusia pasti mempunyai kecerdasan yang berbeda-beda, dibawah ini adalah ragam kecerdasan yang biasa terdapat pada manusia:
  • Kecerdasan Intelektual atau Intelegent Quotient (IQ): adalah bentuk kemampuan manusia dalam suatu permasalahan, diaman pada kecerdasan ini diakukan ketika menemukan suatu solusi pada suatu permasalahnnya dalam suatu lingkungan, dan juga bertindak secara terarah.
  • Kecerdasan Emosional atau Emotional Quotient (EQ): adalah bentuk kemampuan manusia terhadap orang lain dalam artian, kecerdasan ini lebih terarah pasda perasaan diri sendiri dan juga perasaan orang lain demi kemakmuran hidupnya, karena dengan kecerdasan ini berhasil, rasa kekeluargaan pun akan tumbuh.
Kecerdasan Spritual atau Spiritual Quotient (SQ): adalah bentuk kemampuan manusia dalam berprilaku, pada kecerdasan ini lebih terarah pada prilaku manusia terhadap orang lain. Kecerdaan ini bisa membedakan mana yang baik dan juga mana yang buruk dan akan menjadikan nilai-nilai tersendiri yang bermoral baik.

About rijkiramdani id

Hi, My Name is Rijki Ramdani. I am a webdesigner, blogspot developer and UI designer. I am a certified Themeforest top contributor and popular at JavaScript engineers. We have a team of professinal programmers, developers work together and make unique blogger templates.

0 komentar:

Post a Comment