Powered by Blogger.

Thursday, 20 November 2014

Label : ,

Kendala dalam Penerapan Kurikulum 2013 untuk Mata Pelajaran Sosiologi

Penulis : Khoir Randi Purnomo
Mahasiswa Pendidikan Sosiologi
Universitas Pendidikan Indonesia

Kendala dalam penerapan kurikulum 2013 untuk mata pelajaran sosiologi yang saya temukan dilapangan saat melakukan observasi adalah banyak guru yang tidak siap dengan kurikulum ini hal ini terbukti dengan masih banyak dalam prakteknya guru dikelas mengunakan metode ceramah atau teacher center yang berpusat pada guru sebagai pemegang informasi satu arah, yang seharusnya tidak lagi menggunakan hal tersebut namun menggunakan pendekatan Student Center yang mana pendekata ini memberikan ruang gerak yang bebas terhadap peserta didik untuk mengembangkan dirinya dengan memperluas materi yang disampaikan. Dengan diadakannya kurikulum 2013 seharusnya peran guru harusnya hanya menjadi fasilitator namun pada kenyataannya dilapangan hal ini masih sulit untuk dalakukan karena SDM guru yang belum semua terbiasa dengan kurikulum 2013 dan masih belum ratanya sosialisai dari pemerintah mengenai kurikulum 2013 ini kepada semua guru.

Kendala lain dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 untuk mata pelajaran sosiologi adalah buku pamong untuk guru sosiologi belum ada, menurut ibu Elis beliau adalah guru dari salah satu sekolah swasta di Bandung beliau belum mendapatkan buku pegangan kuikulum 2013 untuk guru.  jadi dalam praktek mengajarnya masih terdapat kesulitan dalam menerapkan kurikulum 2013 karena siswanya pun seperti belum siap dalam menerima kurikulum 2013. 

About rijkiramdani id

Hi, My Name is Rijki Ramdani. I am a webdesigner, blogspot developer and UI designer. I am a certified Themeforest top contributor and popular at JavaScript engineers. We have a team of professinal programmers, developers work together and make unique blogger templates.

0 komentar:

Post a Comment