News Update :
Home » » 8 Negara Penghasil Kopi Terbesar Di Dunia

8 Negara Penghasil Kopi Terbesar Di Dunia

Penulis : Rijki Ramdani on Kamis, 09 Mei 2013 | 18.15

Negara penghasil kopi yang menghasilkan sekitar dua pertiga produksi kopi dunia adalah Amerika Tengah dan Selatan. Ada banyak cara menyajikan kopi, salah satunya adalah cara membuat kopi ala cafe. Namun tahukah anda negara penghasil kopi terbesar di dunia, berikut kira-kira urutanya :

8 Negara Penghasil Kopi Terbesar di Dunia
1. Brazil
Negara  brazil memiliki lahan yang luas dan merupakan salah satu negara yang mendominasi produksi kopi dunia. Brazil merupakan produsen dan eksportir kopi paling besar sekaligus pengkonsumsi kopi terbesar kedua di dunia. Tanaman kopi di brazil tumbuh di area pesisir tenggara, dari Pernambuco di utara sampai Parana di selatan. Brazil mempekerjakan lebih dari 5 juta orang untuk produksi kopi dan perdagangan kopi. Sehingga Brazil dapat menyuplai 30% kopi dunia

2. Kolombia
Kolombia telah lama menghasilkan kopi-kopi terbaik dunia. Kopi mereka mempunyai keseimbangan cita rasa dan kedalaman rasa yang begitu baik. Kopi kolombia ini dihasilkan dari tiga rangkaian pegunungan Cordilleras yang merupakan bagian dari Andes utara. Colombia merupakan penghasil kopi terbesar kedua dengan 10% pangsa pasar.

3. Costa Rica
Negara yang dikenal sebagai ‘little Switzerland’ dari Amerika Tengah merupakan salah satu negara dengan industri kopi terbai. Mereka mengembangkan kualitas produksi kopinya selama bertahun-tahun untuk menghasilkan kopi terbaik. Biji kopinya sangat kompleks, enak dengan kadar asamnya yang halus. Rasa ini dapat dikeluarkan ketika kopi itu disiapkan dengan menggunakan filter kopi atau coffee maker cafetière.

4. Ethiopia
Tanaman kopi arabika di Ethiopia dapat ditemukan dengan mudah seperti tumbuhan liar, dipercaya kopi arabica berasal dari Ethiopia. Negeri yang sangat luas ini menghasilkan sebagian kopi paling unik di dunia.

5. Hawaii
Hawaii merupakan satu-satunya negara bagian Amerika Serikat dimana kopi dibudidayakan secara komersial.

6. Guatemala
Setengah dari bagian Selatan Guatemala merupakan daerah Sierra Madre. Pegunungan tinggi ini mempunyai iklim yang sempurna untuk menanam kopi. Imigran dari Jerman di Guatemala mengembangkan teknik budidaya pada kondisi cuaca yang ekstrim. Untuk melindungi pohon-pohon dari kebekuan, mereka membakar sampah di dekat perkebunan pada cuaca yang buruk dan asap yang tebal akan melindungi pohon dari kebekuan dan akan menghasilkan rasa asap pada biji .

7. India
India merupakan salah satu daerah penghasil kopi tertua di dunia. Pada zaman dulu, awal tahun 1600-an ada seorang peziarah bernama Baba Budan mengunjungi Makkah, Baba Budan menyembunyikan beberapa biji kopi di dalam jubahnya, dan menanamnya di India.

8. Indonesia
Belanda pertama kali memperkenalkan kopi di Jawa pada pertengahan abad ke 17 untuk ditanam di Jawa, ini merupakan produksi kopi generasi awal di belahan dunia ini (Asia Pasifik). Bijinya yang kaya rasa sehingga rasanya akan tetap terjaga walaupun ada penambahan susu atau krim.
Sumber: www.kopiunik.com
Share this article :

Poskan Komentar

 
Design Template by rijkiramdani | Support by creating website | Powered by Blogger