Powered by Blogger.

Wednesday, 9 January 2013

Label :

SMK Ma’arif NU Kota Banjar Berdiri, Ponpes Al-Amin Pintusinga


Ruangan belajar mengajar di SMK Ma’arif NU Banjar. Foto : Pepep Riswanto Akbar/HR.

Bachtiar Hamara

Hj. Imas Wahidah, M.Pd (46), ketua I Muslimat Kota Banjar, bersama suaminya Drs. H. Lili Hasanudin, M.Pd ketua PCNU Kota Banjar, mempunyai cita-cita untuk mendirikan pendidikan formal kenapa NU hanya berpikir bagaimana menjelmakan pondok pesantren. Memang pondok pesantren bagi NU secara de facto memiliki banyak pesantren, mungkin di dunia tidak ada yang memiliki pondok pesantren sebanyak NU.
***
Menurut Hj. Imas Wahidah, NU harus mengakui kekurangan dan kelemahan dibidang lain, terutama pendidikan formal. Dalam hal ini Muhamadiyah unggul dan patut ditiru, dari mulai TK, SD, sampai dengan Perguruan Tinggi. Termasuk bidang kesehatan, mulai dari balai pengobatan, rumah sakit, Ormas Islam Muhamadiyah mempunyai keunggulan dibanding dengan ormas Islam lain.
Untuk mewujudkan mimpi mendirikan lembaga pendidikan formal, Pengurus Cabang NU dan Muslimat Kota Banjar. Berkujung ke Malang Jawa Timur, dan meninjau beberapa lembaga pendidikan formal milik Muhamadiyah di Kabupaten/kota Malang. Dan juga mengunjungi Universitas Muhamadiyan Malang. Dari hasil kunjungan ke Malang, di sosialisasikan PCNU Kota Banjar kepada Jam’iyah NU, tentang perlunya NU Banjar untuk memiliki pendidikan formal yang maju dan baik seperti Muhamadiyah.
Mimpi untuk mendirikan pendidikan formal, akhirnya termujud pula dengan keyakinan tinggi dalam setiap rapat pengurus PCNU Kota Banjar dan MWC (Musyawarah Wakil Cabang), ranting bahkan dalam acara pengajian-pengajian (Yaumul ijtima atau Lailatul Itjima). Memutuskan bahwa pada tahun ajaran 2011-2012, harus membuka  SMK Ma’arif NU kota Banjar.
Sedangkan tempat belajar SMK Ma’arif NU Banjar, di Pondok Pesantren Al-Amin Pintusinga Banjar yang dipimpin Drs. K.H. Lili Hasanudin, M.Pd. Menej sekolah ini, menggunakan pendekatan PCNU, kepada MWC, ranting, dan jemaah NU atau partisipan, baik cara mencari calon siswa, maupun mencari biaya operasional. Termasuk merekrut tenaga pengajar dari yang benar-benar pengabdian dengan tulus dan ikhlas.
Sekolah ini, memang berada di antara lingkungan kawasan pendidikan di kota Banjar. Meskipun letak lokasi agak menjorok  dari jalan Husen Kartasasmita No.47. Modal awal sekolah ini didapat dari pengurus dan simpatisan NU, yang sifatnya menjadi orang tua asuh. Sebanyak 27 siswa yang sekarang mengikuti pendidikan di SMK Ma’arif ini tidak dipungut biaya. Kecuali biaya yang menyangkut keperluan sendiri siswa, seperti seragam dan buku, biaya PKL di kelas 2 dan UN di kelas 3.
Jurusan yang dibuka, sementara baru jurusan Perbankan. Latar belakangnya karena di kota Banjar belum ada yang membuka program itu. Sasaran jurusan ini, untuk dapat memenuhi kebutuhan lembaga-lembaga keuangan, paling tidak out-put memiliki keprofesionalan dalam memenej keuangan diberbagai lembaga yang memerlukan.
Tenaga pengajar dipilih dan diambil baik dari guru di SMA dan SMK Negeri dan swasta yang sudah berpengalaman. Ada kelebihannya siswa SMK Ma’arif NU ini juga gratis jadi santri di Ponpes Al-Amin, yang mondok disediakan asrama untuk putra dan putri. Untuk para siswa sebelum belajar pendidik formal, mengikuti sholat subuh berja’maah sampai pkl 5.30, materi pelajaran pesantren dan saat istirahat pelajaran pagi diadakan kegiatan sholat duha berjamaah. Selanjutnya kegiatan pendidikan formal .
Sebuah harapan dari Hj. Imas Wahidah yang didamping suaminya H. Lili Hasanudin, kepada seluruh Jam’iyah NU mohon doa restu sekaligus dorongan moril atau materil agar SMK Ma’arif NU Banjar ke depan bisa menjadi sebuah lembaga pendidikan formal yang dibanggakan. Dalam mencerdaskan kehidupan Bangsa, dan berterimakasih kepada Wali Kota Banjar yang telah memberikan bantuan kepada MD (Majelis Dakwah) Al-Amin yang bangunannya sekarang dipakai proses belajar-mengajar SMK Ma’arif. Bagi semua pihak yang telah membantu semoga amal kebaikannya menjadi wujud ibadah kepada Allah SWT. ***

About rijkiramdani id

Hi, My Name is Rijki Ramdani. I am a webdesigner, blogspot developer and UI designer. I am a certified Themeforest top contributor and popular at JavaScript engineers. We have a team of professinal programmers, developers work together and make unique blogger templates.

2 komentar:

  1. ass,,kalo tahun ajaran 2013 sistemnya masih diberikan biaya gratis untuk pendaftaran siswa baru??,,,untuk alamatnya di banjarnya dimn??,,
    by nuril anwar,, citangkolo banjar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan masih gratis meskipn tahun 2015, alamatnya di Jalan Pintusinga, masuk ke jalan gang Polsek Banjar, Pintusinga, Kelurahan Banjar, Kota Banjar.

      Delete