Numbers in Deutsch (Angka dalam Bahasa Jerman)



1 = eins –> di baca ains
2= zwei –> di baca zwai
3= drai –> di baca drai
4= vier –> di baca fiir
5= fünf  –> di baca  fuenf  (penjelasan lihat di tulisa sebelumnya)
6= sechs –> di baca zeks
7= sieben –> di baca siiben
8 = acht –> di baca akht
9=neun –> dibaca noin
10 = zehn –> dibaca tsen
11=elf –> dibaca elf
12 =zwölf –> di baca tsuwoulf
13=dreizehn –> di baca draitsen
14=vierzehn –> di baca viirtsen
20 =zwanzig –> zwanzig
30 = dreiβig –> dibaca draitsig
40= vierzig –> dibaca fiirtsig
50 = fünfzig –> dibaca fuenftsigg
60=sechzig –> dibaca zekstsig
70=siebzig –> dibacasiibtsig
80=achtzig –> dibaca akhttsig
90 = neunzig –> dibaca nointsig
100 = hundert –> dibaca hundert
1000 = tausend –> dibaca tausend
10.000 = zehntausend –> dibaca tsentausend
100.000 = hunderttausend –> dibaca hundert|tausend
didalam bahasa jerman untuk menyatakan dalam suatu bilangan / menyebutkan bilangan dalam bentuk belasan , puluhan, ratusan bahkan ribuan , tulisan dalam bahasa jerama tetap di jadikan 1 kata tidak boleh di pisah
zum Beispiel –> –> dibaca tsum baispiil artinya Contoh , biasa di singkat      z.B.
z.B. (zumbeispiel)
21 = einsundzwantsig –> dibaca ains|und|tswan|zig  terdiri dari 4 kata namun dalam bentuk penulisan harus di tulis dam satu kata.
utnuk menyebutkan bentuk puluhan , ratusan dalam bahasa jerman  , terlebih dahulu menyebutkan satuan baru puluhannya

z.B.
24 = vier —- und —- zwanzig    namun di dalam penulisannya tetap di tulis vierundzwanzig
75 = fünf —- und —- siebzig ————> fünfundsiebzig
69= neun — und — sechzig —————-> neunundsechzig
201 = eins— und — zwei—hundert —-> einsundzweihundert
499 = neun –und–neunzig–vier– hundert  –> neunundneunzivierhundert
998 = acht –und — neunzig- neun — hundert —> achtundneunzigneunhundert
catatan :
dalam membaca tulisan bahasa jerman , apa yang di tulis itu yang di baca, tapi ada beberapa peraturan yang harus di tekankan. silahkan lihat di tulisan saya sebelumnya
Danke schön –> di baca dangke schoen artinya terima kasih (untuk formal)

No comments:

Post a Comment