Kata Dasar Dalam Bahasa Jerman



“Apa bila anda ingin bisa menulis, maka anda harus banyak membaca dan apa bila anda ingin bisa berbicara, maka anda harus banyak laiahan berbicara … ”Ditulisan saya sebelumnya , saya sudah mejelaskan tata cara membaca dan bahasa Jerman. Kali ini saya akan mengajak anda untuk sedikit mengetahui kosa kata yang sederhana dalam Bahasa Jerman .
Ich  = saya                               sie = dia perempuan
Du = kamu                              Wir = kami, kita
Er = dia laki2                          Ihr = kalian
Es = dia benda                        Sie / sie  = anda / mereka
Ungkapan penting
Ja= ya
Nein = tidak
Nocht nicht = belum
Bitte = silahkan
Nein, danke = tidak , teima kasih
Vielen = terima kasih banyak
Danke = terima kasih
Bitee = sama – sama
Danke schön = terima kasih banyak
Bitte schön = terima kasih kembali
Untuk sapaan
Hallo !! = halo
Guten Morgen ! = selamat pagi !
Guten Tag !  = selamat siang ! (dari jam 10.00 – 15.00 )
Guten Tag ! = selamat sore ! ( dari jam 15.00 – 18.00)
Guten Abend = selamat malam !
Gute Nacht ! = selamat tidur !
Wie geht es Ihnen? =  apa kabar ?
Danke , sehr gut = sangat baik terima kasih
Und Ihnen ? = dan anda?
Gut = baik
Untuk pepisahan
Auf wiedersehen = sampai jumpa lagi
Entschlidung  = permisi / maaf
Es tut mir leid = saya minta maaf
Bis morgen = sampai ketemu besok
Gute fahrt!  = selamat jalan !
Nb :
Morgen (huruf M-nya kapital ) artinya pagi , morgen (huruf m-nya kecil) artinya besok pagi.
Percakapan sederhana
Untuk memperkenalkan diri ..
Dewi :  Guten Tag ! Mein Name ist Dewi
Yuli : Guten Tag ! ich bin Yuli / ich heiβe Yuli. Wie geht es ihnen ?
Dewi : Danke sehr gut. Und Ihnen ?
Yuli : gut . Woher kommen Sie ?
Dewi : ich komme aus Bogor  . und Wo wohnen Sie?
Yuli : ich wohne in Jatinangor.
Mein Name ist … = nama saya adalah …
Ich bin … = nama saya …
Wie = bagaimana
Wie geht es ihnen ? = bagai mana kabarmu ?
Sehr gut = sangat baik
Woher = dari mana
Komme  (konjugasi dari kata kommen) = datang , tiba
Aus = dari
Wohne  = berdiam, tempat tinggal

No comments:

Post a Comment