Powered by Blogger.

Monday, 12 November 2012

Label :

Search Engine

Coba bayangkan jika di internet tidak ada search engine! Kemudaian kita mencari sesuatu hal tanpa bantuan search engine. Mungkin kita harus mengunjungi banyak alamat website satu per satu untuk mendapatkan informasi yang kita inginkan. Saya yakin semua pengguna internet sudah tahu dan faham apa manfaat search engine itu, walaupun kadang sulit untuk menjelaskannya kepada orang lain.
Ada banyak pengertian tentang search engine yang dapat kita temukan dari berbagai sumber. Saya ambil saja salah satunya dari webopodia.com yang mengatakan bahwa “Search engine is a program that searches documents for specified keywords and returns a list of the documents where the keywords were found“.
Setelah membaca tulisan tersebut kemudian saya simpulkan bahwa Search Engine adalah salah satu fasilitas yang dimiliki oleh sebuah website yang digunakan untuk memudahkan dalam pencarian data dan informasi di dunia maya dengan menuliskan kata kunci yang kita inginkan. Maaf kalau pendapat saya salah! Kalau ada yang tidak setuju boleh-boleh saja, tinggal acungkan tangan saja. Emangnya processor eh.. professor saja yg boleh berpendapat? hehee…
Ada banyak website yang menyediakan layanan search engine di dunia maya. Antara lain adalah www.yahoo.com, www.google.com, www.live.com, www.altavista.com, www.infoseek.com, www.lycos.com, www.excite.com, dll. Dari sekian banyaknya search engine itu dapat kita jumpai di thesearchenginelist.com. Saya yakin masih ada banyak lagi, dan yang ada di situ hanya sebagian saja. Memang susah kalau disebutkan satu per satu. Terus seandainya kita mencari informasi apakah harus dicoba search engine itu semua? Oh no! Tapi silahkan saja coba satu per satu kalo memang lagi ga ada kerjaan sih.. Yang pasti akan memerlukan banyak waktu.
Bagaimanakah memilih search engine yang bagus? Kalau semua search engine itu bagus maka gunakanlah search engine yang paling baik, paling tepat, efisien dan sesuai dengan informasi yang kita cari.
Berikut ini adalah hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih search engine versi belajar7hari.wordpress.com :
1. Database
Seperti halnya orang memilih buku kamus, maka kamus yang paling lengkap itu tentu harganya lebih mahal. Begitu pula dalam mencari informasi di dunia maya, tentunya kita ingin mendapatkan informasi yang datanya banyak dan lengkap, suhingga ada banyak pilihan dan referensi sesuai dengan yang kita harapkan. So, gunakanlah search engine yang  memiliki jumlah database yang banyak. Banyaknya database dapat kita ketahui ketika mencari sesuatu biasanya muncul informasi jumlah data yang ditemukan bisa ratusan juta, bahkan milyaran.
2. Up-to-date
Terkadang kita merasa tertipu ketika mencari informasi tentang suatu hal, namun yang muncul itu lagi, itu lagi, sehingga informasinya sudah tidak relevan. Search engine yang baik seharusnya meng-update databasenya dalam kurun waktu tertentu. Hal itu dapat dilihat dengan melihat perbedaan hasil pencarian yang ditampilkan dari minggu ke minggu dengan menggunakan keyword yang sama, apakah ada perubahan atau tidak.
3. Speed
Suatu hal yang sering dikeluhkan pengguna internet adalah “lola” alias “loading lama“. Mending kalau cuma lama sedikit, ada kalanya jaringan error, sedang gangguan, sedang perbaikan, dll. Ini tentu membuat user merasa tidak nyaman karena harus menunggu lama dan menyita banyak waktu.
4. User Friendly
Search engine yang bagus tentu memberi kemudahan pada penggunanya. Bisa dengan cara pengelompokan jenis data yang dicari, tipe file, kriteria yg lebih spesifik, penentuan ukuran, rentang waktu, dll. Hal ini tentu akan lebih memudahkan user untuk mendapatkan informasi yang diinginkan.
5. Less Spam
Istilah spam biasanya digunakan pada email-email yang dianggap sampah yang sering memenuhi inbox, bahkan terasa mengganggu. Spam dalam hal ini adalah informasi-informasi yang tidak berguna bahkan dianggap sampah karena sering mengganggu. Informasi itu bisa berupa iklan-iklan, gambar-gambar yg menghalangi/mengganggu pandangan dll.
6. Ethic
Rasanya jarang user yang memperhatikan hal ini. Salah satu hal yang melanggar etika contohnya adalah pornografi. Search engine yang baik pasti memiliki cara tertentu untuk mencegah hal-hal yang melanggar norma dan etika. Memang agak sulit, namun setidaknya ada suatu sistem yang mampu meminimalisir hal-hal negatif tersebut.
7. Simple
Kesederhanaan tampilan web akan mempengaruhi kecepatan saat loading website tersebut. Hal itu juga dapat membuat user lebih merasa nyaman dalam menggunakannya.
Saya tidak menganggap bahwa google adalah mesin pencari informasi yang paling baik di dunia. Terus terang saja saya telah mencoba beberapa search engine, namun sampai saat ini saya masih setia menggunakan mesin google. Kalau informasi di google tidak ditemukan, baru saya mencoba yahoo dan yang lainnya.
Berikut ini adalah Tips dalam menggunakan search engine di google. Cara ini dikenal dengan istilah Google Hacking, karena konon katanya cara seperti ini biasa dilakukan oleh hacker. Cara ini terbagi menjadi 2 macam yaitu Basic dan Advance.
Basic Searching
  1. AND : Mencari informasi yang mengandung kedua kata yang kita cari.
    Misal: masakan and padang atau masakan+padang
  2. OR :Mencari infornasi yang mengandung salah satu dari kedua kata.
    Contoh rumah or sakit atau rumah | sakit
  3. NOT : Mencari informasi yang mengandung kata tertentu tetapi ada pengecualian.
    Misal: buah -jeruk , flower -rose
  4. PHRASES : Mencari informasi yang mengandung frase yang dicari dengan menggunakan tanda ” “.
    Misal: “personal computer” , “Ayam Bakar”
  5. SINONIM (~) : Mencari kata beserta persamaan kata sehubungan dengan kata tersebut.
    Misal: ~bunga ~karyawan
  6. ASTERIC (*) : Karekter ini berfungsi untuk membolak-baik kata atau menukar posisi kata dalam pencarian.
    Misal: rumah*sakit , flue burung , ayam*bakar dll.
  7. PERIOD / DOT (.) : Karakter pangganti kata.
    Misal: ha.i , ko.i dll
Advance Searching
  1. DEFINE : Mencari definisi dari sebuah terminologi.
    Misal: define:search engine
  2. CHACE : Menampilakn situs web yang telah diindeks oleh google meskipun sudah tidak aktif lagi.
    contoh: cache:cyberdeath.co.cc
  3. LINK : Menampilkan daftar link yang mengarah ke sebuah situs.
    Misal:
  4. RELATED : Menampilkan daftar situs yang serupa, mirip atau memiliki hubungan dengan suatu situs. Misal:
  5. INFO : Menampilkan informasi yang google ketahui tentang sebuah situs.
    Misal:
  6. FILETYPE : Menampilkan jenis pencarian yang berupa extensi file tertentu.
    Misal: filetype:doc belajar membuat blog.
  7. ALLINTITLE : Menampilkan seluruh kata yang dicari dalam TITLE halaman.
    Contoh allintitle:pemrograman.
  8. INTITLE : Menampilkan satu kata yang dicari di dalam TITLE halaman.
    Misal:
  9. SITE : Menampilkan pencarian khususdi suatu situs yang ditunjuk.
    Misal:
  10. INURL : Menampilkan seluruh kata yang dicari dalam URL. Menghasilkan daftar URL yang mengandung kata pemrograman.
    Contoh inurl:pemrograman.
  11. ALLINURL : Menampilkan seluruh kata yang dicari dalam URL.
    Contoh berikut ini akan menghasilkan daftar URL yang mengandung kata pemrograman. allinurl:pemrgraman
Untuk lebih jelasnya bisa dibaca dan didownload di sini:
The_Google_Hackers_Guide_v1.0

Sumber :
http://belajar7harikelasxi.wordpress.com/2012/11/02/search-engine/

About rijkiramdani id

Hi, My Name is Rijki Ramdani. I am a webdesigner, blogspot developer and UI designer. I am a certified Themeforest top contributor and popular at JavaScript engineers. We have a team of professinal programmers, developers work together and make unique blogger templates.

0 komentar:

Post a Comment