News Update :
Home » » Pengertian Electronic Mail

Pengertian Electronic Mail

Penulis : Rijki Ramdani on Monday, 12 November 2012 | 19:27

Electronic Mail alias E-Mail atau EMail merupakan salah satu cara atau media untuk berkomunikasi di dunia maya dengan mengirim dan menerima pesan secara digital. Kalau menurut wikipedia sih begini: “e-mail is a method of exchanging digital messages from an author to one or more recipients. Salah satu perbedaan yang tampak jelas antara Surat Pos denga E-Mail adalah bahwa email tidak pernah membutuhkan kertas surat, amplop, maupun prangko. Secara otomatis menulis email tidak perlu datang ke Kantor Pos dan tidak perlu menunggu lama “Pak Pos” datang ke rumah, karena email akan dikirim secara otomatis, mudah dan cepat.
Jadi teringat masa lalu nich.. cie..ciee.. Sebelum saya mengenal yang namanya email, berkomunikasi dengan teman atau kerabat itu rasanya suliiit sekali. Untuk menunggu balasan surat dari “si dia” yg jauh dimata dekat di hati mungkin perlu waktu beberapa hari bahkan beberapa minggu. Terus terang saja saya suka mengkoleksi amplop, kertas surat, kartu pos dan prangko, baik prangko nasional maupun prangko dari teman2 yg ada di luar negeri. Tanpa harus “bilang wow” rasanya bahagia sekali bisa berkomunikasi dengan orang-orang yg berada di belahan dunia sebelah sana meskipun hanya lewat selembar kertas, meskipun harus menunggu lama. Kadang membosankan memang… Tapi ya itulah pengalaman di masa lalu sebelum mengenal adanya email.
Di zaman yang serba digital saat ini siapa sih yang tidak punya email? Hari gini gitu lho…!! Jangankan email, hp, facebook, twitter juga punya double-double.. bahkan triple… tapi sssst… Bagi yg punya isteri double mending ga usah bilang-bilang dech.. nanti ada yg jealous :) .
Ada banyak website yang memberikan fasilitas email kepada usernya. Di antanya adalah yahoo.com, gmail.com, hotmail.com, lycos.com, excite.com, plasa.com, telkom.net, dll.
Ada 2 macam jenis email yaitu:
1. POP Mail (Post Office Protocol Mail)
Yaitu email yang dapat dibaca secara off line. Kenapa demikian? Karena menggunakan software khusus yang diinstal di komputer sehingga inbox email pun tersimpan di komputer. Contoh softwarenya adalah Microsoft Outlook. Tidak semua layanan email memberikan fasilitas POP Mail. Contohnya Yahoo dan Lycos hanya memberikan fasilitas POP Mail hanya kepada user premium atau yang berbayar saja.
Waah inilah yg menyebabkan saya sulit untuk menjelaskannya. Mau menjelaskan bagaimana wong punya email juga gratisan. hehee..
2. Web Mail
Yaitu email yang bisa diakses melalui sebuah web secara online. Artinya pada saat offline email kita tidak bisa dibaca. Karena seluruh data akun dan email kita disimpan di web server, bukan di komputer kita. Web Mail ada yang bersifat gratis (Free Mail), ada pula yang berbayar alias premium (Mail Plus). Tentu saja email yang berbayar memiliki fitur dan fasilitas yang lebih, baik dari segi kapasitas penyimpanan data, maupun fasilitas yang lainnya.
Kalau menurut saya pribadi sih kenapa harus bayar kalau yang gratisan juga banyak dan fiturnya oke. hehee.. Mungkin ini hanya pendapat orang yg ga punya duit saja. Kalau yg punya uang alias “beruang” sih apa salahnya silahkan dicoba saja ya! Ok!
Bagi anda yang belum memiliki email, mungkin ini adalah tips tentang hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih atau membuat email:
1. Kapasitas penyimpanan data
Contohnya:
Yahoo.com     :     unlimited
Gmail.com      :     10 GB and more
Hotmail.com  :     5 GB for US user and 2 GB for others
Lycos.com      :     3 GB for free, 5GB for mail Plus
Plasa.com       :     10 MB
Telkom.net    :     10 MB
2. Masa aktif email
Contoh email yang memiliki masa aktif:
Yahoo.com     :     3 bulan
Hotmail.com  :     30 hari
Plasa.com       :     3 bulan
Jadi sering-seringlah membuka email dalam kurun waktu tertentu agar email kita tetap aktif dan dapat menerima email masuk. Habis masa aktif buakn berarti email kita dihapus secara permanen, melainkan email kita dinonaktifkan sementara. Misalnya dalam waktu 4 bulan kita lupa tidak membuka email, ketika email dibuka sudah tidak aktif lagi. Nah kita tinggal ikuti saja petunjuknya dengan cara klik tombol continue, next atau apa lah yg ada di situ.
3. Kredibilitas Domain
   Dahulu pernah ada beberapa layanan email (maaf tidak bisa menyebutkan satu per satu alamat/domainnya), namun setelah beberapa tahun kemudian layanan itu sudah tidak ada lagi. Bisa jadi pindah alamat servernya, ada masalah jaringan, atau perusahaannya bankrupt dll. Maka pilihlah domain yang sekiranya sudah terkenal dan didukung oleh lembaga dan manajemen yang mapan.
4. Kecepatan Akses
Kalau mau tau silahkan coba buka alamat-alamat penyedia email yang telah disebutkan di atas. Pastinya teman-teman akan mengetahui mana yang aksesnya lebih cepat.
5. Fitur / Layanan yang disediakan
Ketika kita memiliki email, tentu saja ada fitur dan layanan yang ditawarkan. Bisa berupa virus scanning, spam filter, blog hosting, web hosting, web domain, file hosting, dokumen hosting, jejaring sosial, photo albums, kamus, search engine, chat account dll. Itu semua akan menjadi bahan pertimbangan dimana kita akan membuat email.

Sumber :
http://belajar7harikelasxi.wordpress.com/2012/11/03/electronic-mail/
Share this article :

Post a Comment

 
Design Template by rijkiramdani | Support by creating website | Powered by Blogger