Powered by Blogger.

Tuesday, 7 August 2012

Label :

Asal Mula Nama Palembang


Dahulu, daerah Sumatra Selatan dan sebagian Provinsi Jambi berupa hutan belantara unik dan indah,bernama Batanghari Sembilan. Sungai besar yang mengalir di wilayahituadasungai yang bermuara di Sungai Musi dan beberapa sungai lainnya. Dua Sungai Musi yang bermuara di laut, yaitu Sungai Musi melalui Palembang dan Sungai Musi Banyuasin di sebelah utara.
Dataran yang melingkar dari Jambi, Sumatra Selatan, sampai Provinsi Lampung merupakan daerah yang punya danau kecil. Danaukecil itu adalah rawa yang digenang air laut saat pasang. Kota Palembang adalah pulau di Sungai Melayu. Pulau kecil itu bernama Bukit Seguntang Mahameru.
Selain hutan rimba, danau kecil, dan bunga, wilayah itu dihuni oleh Dewi dan dayangnya. Ia disebut Putri Khayangan. Ia bernama Putri Ayu Sundari. Dewi dan dayangnya diam di hutan rimba raya, lereng,  puncak Bukit Barisan, dan kepulauan yang dikenal dengan Malaysia. Mereka ke daerah Batanghari Sembilan untuk bercengkerama dan mandi di danau, sungai, atau pantai.
Karena banyak sungaibermuara ke laut, pelayar mudah masuk melalui sungai, bahkan sampai ke kaki gunung, ternyata daerah itu subur. Terjadilah komunikasi antara pedagang dan penduduk. Daerah  ramai oleh perdagangan.Dewi dari khayanganpun terganggu.
Orang berdatangan keSungai Musi, karena Sumatra Selatan merupakan dataran rendah yang berawa, pendudukpun membuat rumah rakit.
Bukit Seguntang Mahameru jadi pusat perhatian karena tanah subur dan bunganya.Sungai Melayu tempat Bukit Seguntang Mahameruikut terkenal.
Orang yang bermukim di Sungai Melayu, terutama Palembang, menamakan diri penduduk Sungai Melayu,lalu menjadi penduduk Melayu.
Menurut bahasa Melayu tua,lembang= dataran rendah yang banyak digenang air, kadang tenggelam kadang kering. Yang ke Palembang mengatakan  ke Lembang. Begitu juga yang  ke Sungai Musi mengatakan ke Lembang.
Alkisah Putri Ayu Sundari dan pengiringnya berada di Bukit Seguntang Mahameru, ada kapal kecelakaan di pantai Sumatra Selatan. Kakak beradik itu putra Raja Iskandar Zulkarnain. Mereka selamat dan terdampar.
Mereka disambut Putri Ayu Sundari. Putra tertua Raja Iskandar Zulkarnain, Sang Sapurba menikahi Putri Ayu Sundari dan saudaranya menikahikeluarga putri.
Karena Bukit Seguntang Mahameru di Sungai Melayu, Sang Sapurba dan istrinya mengaku sebagai orang Melayu. Anak cucu merekapun mengikuti kegiatan di Lembang. Kemudian, orang ke Lembang mengatakan ke Palembang. Pa dalam bahasa Melayu tua menunjukkan daerah/lokasi. Sungai Musi dan Sungai Musi Banyuasin jadi jalur perdagangan terkenal ke negara lain. Nama Lembangpun menjadi Palembang.

About rijkiramdani id

Hi, My Name is Rijki Ramdani. I am a webdesigner, blogspot developer and UI designer. I am a certified Themeforest top contributor and popular at JavaScript engineers. We have a team of professinal programmers, developers work together and make unique blogger templates.

0 komentar:

Post a Comment